Visi dan Misi

Visi

Visi pemeritahan desa pada dasarnya merupakan gambaran masa depan yang akan diwujudkan oleh pemerintah desa dalam periode kepemimpinan Kepala Desa, fungsi visi pemerintah desa, terutama sebagai arah bagi perjalanan pemerintah desa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Visi bukan mimpi dan bukan slogan tetapi visi harus diwujudkan dan dapat diarahkan ketercapaiannya.

Visi akan dapat dicapai melalui berbagai strategi, kebijakan, program dan kegiatan pembangunan desa dengan melihat potensi dan kebutuhan desa.Penetapan visi pemerintah desa, sebagai bagiandari perencanaan strategis pembangunan desa, merupakan suatulangkah penting dalam perjalanan pembangunan suatu desa mencapaikondisi yang yang diharapkan.

Visi desa Rambai disusun dengan memperhatikan / mengacu pada visi Kota Pariaman yang termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Pariaman Tahun 2013-2018, yakni “Pariaman Sebagai Kota Tujuan Wisata dan Ekonomi Kreatif Berbasis Lingkungan, Budaya dan Agama”.

Visi Desa RambaiTahun 2018-2023 ini adalah Melaksakan Program-Program Pemerintah Desa Rambai Yang Efisien, Efektif Dan Bersih, Mengembangkan Perekonomian Desa Secara Kreatif, Meningkatkan Keimanan Dan Ketaqwaan, Serta Terciptanya Suasana Desa Yang Aman, Rukun Dan Berkeadilan.

Secara khusus dapat dijabarkan makna dari visi pemerintah desa yang sangat diperlukan untuk membangun kesamaan persepsi, sikap (komitmen), dan perilaku (partisipasi) segenap pemangku kepentingan (stakeholders) dalam setiap tahapan proses pembangunan kedepan.

Efisien adalah kemampuan aparatur desa dalam mejanlankan tugas dengan cermat, berdaya guna, bertepat guna. Dalam memberikan pelayanan yang baik, tepat dan sesuai dan mempunyai daya inovatif serta mampu secara cepat merespon aspirasi dan tuntutan publik, tanpa membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya, dengan cara yang bersahaja dan berorientasi pada masyarakat.

Demikian juga dengan apa yang dikatakan oleh Devas, 1989 yang dimaksud dengan efitifitas adalah “hasil guna kegiatan pemerintah dalam mengurus keuangan daerah harus sedemikian rupa sehingga memungkinkan program dapat direncanakan dan dilaksankan untuk mencapai tujuan pemerintah dengan biaya serendah-renhdahnya dan dalam waktu secepat-cepatnya”.

Terpenuhinya kecocokan antara kemampuan aparatur dengan kebutuhan tugas merupakan syarat terbentuknya aparatur yang efisien.

Efektif adalah dapat membawa hasil guna tentang usaha dan tindakan produktifitas diinstansi, baik di tinjau dari segi hasil, maupun segi usaha yang diukur dengan mutu, jumlah serta ketepatan  waktu sesuai prosedur dan ukuran-ukuran tertentu yang telah digariskan.

Bersih adalah dalam pemerintahan yag tulus dalam memberikan pelayanan kepada kepada masyarakat dan bebas dari kegitan yang tercela.

Kreatif adalah mempunyai daya cipta, dan bagian dari pemikiran jiwa yang memungkinkan mampu menciptakan tatanan serta keindahan, atau makna penting yang seolah muncul dari kehampaan.

Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi atau kondisi yang harus dipenuhi agar visi yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan baik.

Dalam rangka mewujudkan visi pemerintah Desa Rambai diatas, maka dirumuskan misi sebagai berikut :

Misi 1 : Optimalisasi penyelengaraan pemerintah Desa Rambai yang meliputi :

  • Penyelenggaraan pemerintah yang transparan dan akuntabel.
  • Pelayanan terhadap masyarakat yang ramah, tepat, benar dan bersih.
  • Melaksanakan pembangunan yang berksinambungan danmenge-depankan kepentingan bersama.

Misi 2 : Memberdayakan semua potensi yang ada di masyarakat yang meliputi :

  • Pemperdayaan Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Pemperdayaan Sumber Daya Alam (SDA)
  • Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pendampingan berupa penyuluhan khusus UKM, wiraswastas dan petani.

Misi 3 : Menanamkan rasa taat dengan mengaktifkan program magrib mengaji  kembali kesurau, mengadakan wirid bulanan dimesjid, didikan subuh dan menghimbau anak-anak kita untuk meramaikan MDA yang ada didesa rambai.

Misi 4 : Menciptakan kondisi masyarakat desa rambai yang aman, tertib dan rukun dalam kehidupan bermasyarakat dengan berpegang pada prinsip “duduak samo randah tagak samo tinggi, ringan samo dijinjiang barek samo dipikua”.

Facebook Comments