laporan keuangan

LAPORAN KEUANGAN

UNIT  USAHA  PENYEWAAN PERLENGKAPAN PESTA

BUM Desa USAHA MAJU BERSAMA

Desa Rambai

Kecamatan Pariaman Selatan

Kota Pariaman

 

 

 

 

DESA RAMBAI

KECAMATAN PARIAMAN SELATAN

KOTA PARIAMAN

TAHUN 2018

 

 

 

 

DAFTAR ISI

 

SAMPUL

DAFTAR ISI

RINGKASAN EKSEKUTIF

 

  1. GAMBARAN UMUM DESA RAMBAI

 

  1. GAMBARAN Tentang BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA”
  2. Visi dan Misi.
  3. Tujuan
  4. Badan Hukum
  5. Organisasi
  6. Unit Usaha
  7. Sumber Keuangan
  8. Peluang Pengembangan Usaha

 

  1. UNIT USAHA PENYEWAAN PERLENGKAPAN PESTA

 

  1. Latar Belakang Pemilihan Usaha
  2. Perencanaan Usaha
  3. Perencanaan Manajemen
  4. Perencanaan Penyewaan
  5. Perencanaan Keuangan
  6. Perencanaan Jadwal Penyewaan

 

 

  1. PENDAPATAN DAN PENGELUARAN
  2. Pendapatan dan pengeluaran
  3. Penambahan barang barang perlengkapan

 

  1. PENUTUP

 

 

 

RINGKASAN EKSEKUTIF

 

 

Badan Usaha Milik Desa “USAHA  MAJU  BERSAMA” atau yang sering disingkat BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA” merupakan lembaga usaha ekonomi desa milik Pemerintah Desa Rambai Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman . BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA” didirikan pada tanggal 01 mei 2018 melalui forum musyawarah desa yang dihadiri perwakilan warga masyarakat, Pemerintah Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan lembaga kemasyarakatan lainnya.

BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA” telah memiliki struktur organisasi kepengurusan yang lengkap dan cukup sederhana (ramping),yaitu terdiri atas Komisaris, Direktur, Sekretaris, dan Bendahara. Komisaris dijabat oleh Kepala Desa, Direktur dijabat oleh Adrian Ilyas,ST, Sekretaris dijabat oleh Nurul Fatia dan Bendahara dijabat oleh Leni Elfina Komisaris beserta seluruh pengurus lainnya dapat saling bekerja sama sehingga kegiatan usaha BUM Desa yang sudah ada dapat berjalan dengan baik.Salah satu unit usaha yang akan dikembangkan BUM Desa“USAHA MAJU BERSAMA” adalah kegiatan usaha PENYEWAAN PERLENGKAPAN PESTA. Munculnya ide untuk menjalankan kegiatan usaha tersebut dilatar belakangi oleh Ketidak mampuan masyarakan desa dalam penyewaan  alat kebutuhan pesta dilingkungan masyarakat desa dan sekitarnya dalam adat istiadat Minang Kabau resepsi penyenggaraan pesta bisa dikatakan hal yang harus dilangsungkan. Dari segi sosialnya Jasa penyewaan Pelaminan ini dapat membantu bagi masyarakat yang kurang mampu untuk dapat menyenggarakan pesta dengan harga yang lebih rendah dari pada penyewaan komersil pada umumnya yang telah ada dan diperuntukan bagi masyarakat luar desa dengan tarif yang lebih rendah dibandingkan dengan penyewaan pribadi. Didesa Rambai  sendiri dalam setahun paling rendah mencapai 6 kali penyenggaraan resepsi pernikahan dan acara-acara lainya yang dapat memakai alat-alat tenda,kursi dan alat masak lainnya.

Kegiatan usaha penyewaan pelaminan  memiliki prospek yang sangat bagus, baik ditinjau dari segi sosial maupun dari segi bisnis. Dari segi sosial, dengan adanya kegiatan usaha tersebut akan sangat membantu warga desa dalam peluang bekerja, sehingga akan mendukung pendapatan masyarakat. Dari segi bisnis,masyarakan dapat menghemat pengeluaran dalam segi penyewaan dan mempromosikan ke desa desa lain atau teman untuk penggunaan pelaminan ini dengan harga yang menenggang, tahap awal usaha, target pasarnya adalah 4 penyewaan yang telah konfirmasi untuk memakai alat perlengkapan pesta kita dan akan disepakati pada waktu yang akan datang apabila program ini berjalan lancar, diyakini permintaan akan terus meningkat mengingat dengan tarif yang diberikan sangat dibawah tarif yang ada di sekitaran pariaman dan sekitarnya,yaitu untuk pesta Marapulai dipatok tarif terendah Rp 6.500.000/sewa lengkap dan untuk pesta Anak Daro dipatok dengan tarif terendah Rp.8.500.000/sewa lengkap. Harga penyeaan telah diperhitungkan dan dimusyawarahkan bersama warga desa, Harga tersebut dirasakan ringan bagi warga dan BUM Desa tidak rugi,adapun dari harga tersebut disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan warga harga sesuai paket yang ditawarkan.

Untuk merealisasikan rencana kegiatan tersebut tentu memerlukan dana sebagai biaya investasi maupun modal kerja pada tahap awal usaha. Berdasarkan perhitungan yang cermat, kebutuhan dana untuk biaya investasi sebesar Rp 160.300.000- dan modal kerja beserta louncing sebesar Rp 14,800,000,- sehingga total biaya yang diperlukan Rp 175.150.000-. Biaya investasi digunakan untuk pengadaan perlengkapan pesta lengkap, penyewaan gudang,kantor dan alat-alat kantor,biaya transportasi.Biaya modal kerja digunakan untuk insentif pengurus/pengelola selama kegiatan usaha dapat dioperasionalkan. Total modal awal tersebut diharapkan diperoleh dari Dana Desa Rambai,Pariaman Selatan Kota Pariaman .

Berdasarkan hasil kajian kelayakan, perhitungan Payback Period (waktu kembali modal) adalah 15 tahun. Ini menggambarkan waktu yang diperlukan untuk kembali modal termasuk pendek, sehingga kegiatan usaha ini dari segi bisnis tetap menguntungkan. Ini dipertegas lagi dengan perkiraan Laba-Rugi yang menunjukkan kegiatan usaha peralatan pesta akan memperkuat ekonomi masyarakat desa umum nya pemuda-pemudi dalam memperoleh pendapatan dan meningkatkan ekonomi masyarakan desa. Dengan demikian, berdasarkan parameter-parameter ekonomi yang digunakan semuanya mengarahkan pada kesimpulan bahwa kegiatan usaha tersebut layak dan menguntungkan pendapatan masyarakan dan pembangunan desa .

Keuntungan yang diperoleh dari usaha Jasa Penyewaan pelaminan Lengkap sebagian akan digunakan untuk pengembangan usaha, dan sebagian sisanya disetorkan ke Pemerintah Desa sebagai tambahan Pendapatan Asli Desa.

Ketersediaan sumber daya manusia untuk mengelola usaha,baik secara kualitas maupun kuantitas sangat memadai,dan kebutuhan SDM dapat dicukupi dari Desa Rambai sendiri sehingga menguntungkan dari berbagai segi. Ketersediaan SDM tersebut menjadikan kegiatan usaha Jasa penewaan pelaminan  dapatdijalankan dengan baik.

Kegiatan usaha jasa penyewaan pelaminan pekerjaanya dilibatkan warga desa rambai sendiri, juga dapat memotivasi warga desa untuk mengurangi pengangguran. Dengan demikian kegiatan usaha ini berdampak positif untuk perekonomian masyarakat desa Rambai.

Dari segi yuridis, BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA” telah memiliki legalitas,karena sudah ditetapkan dengan Peraturan Desa. Dengan demikian, secara yuridis tidak ada kendala untuk segera beroperasi.

 

 

  1. GAMBARAN UMUM DESA RAMBAI

 

  1. Kondisi Geografis
  2. Letak Desa

Desa Rambai adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Pariaman Selatan yang berada di bagian utara Kota pariaman. Jarak tempuh wilayah Desa Rambai dari Ibu kota Pariaman  6 km. Desa ini memiliki luas wilayah 1 km2, dengan potensi lahan yang produktif.

 

Adapun batas-batas desa sebagai berikut :

 

Sebelah Utara                     :           Desa Pungguang Ladiang

Sebelah Timur                     :           Desa Talo Gondan

Sebelah Selatan                  :           Desa Simpang

Sebelah Barat                     :           Desa Kampung Kandang

 

  1. Topografi Desa

Desa Rambai memiliki kondisi daerah dataran rendah 123 Ha dan bantaran sungai 2 Ha. Kondisi tanah cukup subur untuk ditanami berbagai jenis tanaman, baik tanaman jangka pendek maupun tanaman jangka panjang. Tanaman jangka panjang adalah kelapa,kopi, serta kakao, sedangkan tanaman jangka pendek adalah sayur-sayuran, jagung,cabe dan rempah-rempah.

 

  1. Kondisi Demografis
  2. Jumlah Penduduk

Desa Rambai memiliki jumlah penduduk 312 KK yang terdiri atas 598 jiwa laki-laki dan 624 jiwa perempuan,sehingga jumlah penduduk secara keseluruhan sebanyak 1222 jiwa.

  1. Sumber Mata Pencaharian Pokok

Sumber mata pencaharian masyarakat di Desa rambai kekmeliputi: Petani, Pengusaha/Pedagang, PNS, Tukang Kayu, Tukang Batu, Perbengkelan, Tukang Ojek,Kerajinan Tangan, Buruh Tani, Buruh Bangunan, dan beberapa warga merantau keluar daerah untuk mencari nafkah.

 

  1. Administrasi Desa

Pusat pemerintahan Desa Rambai terletak di Dusun Rambai dan untuk menuju Kantor Desa dapat dijangkau dengan kendaraan umum atau jalan kaki, karena berada di jalan poros yang terhubung langsung dengan pusat Kota

Pariaman

 

Secara administratif Desa Rambai terbagi atas 2 dusun yaitu:

1) Dusun Rambai

2) Dusun Rimbo Sitapuang

 

Kepala Desa pada dasarnya bertanggung jawab kepada masyarakat desa, dan prosedur pertanggung jawaban disampaikan ke Wali Kota melalui Camat, kemudian dari pada itu Kepala Desa bersama dengan BPD setiap tahun wajib memberikan keterangan laporan pertanggung jawaban kepada masyarakatnya.

 

  1. GAMBARAN Tentang BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA”

 

Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) USAHA MAJU BERSAMA Desa Rambai Kec. Pariaman Selatan di bentuk melalui Musyawarah Desa pada Tanggal 01 Mei 2018

  1. Visi dan Misi
  2. Visi BUM Desa:

“Terwujudnya Kemandirian masyarakat menuju masyarakat yang sejahtera berlandaskan Iman dan TakwaKepada Allah SWT”

  1. Misi BUM Desa:
  2. Mendorong berkembangnya usaha-usaha untuk meningkatkan pendapatan
  3. Menampung berbagai kegiatan usaha ekonomi yang ditekuni masyarakat.
  4. Mendorong dan memfasilitasi proses penguatan kelembagaan usaha masyarakat.
  5. Menciptakan ruang dan peluang terhadap upaya pemberdayaan masyarakat miskin untuk meningkatan kesejahteraan.
  6. Meningkatkan kemampuan kelembagaan masyarakat dalam mengelola kegiatan usaha dan pertanggung jawaban keuangan.

 

  1. Tujuan BUM Desa:
  2. Mendorong berkembangnya kegiatan perekonomian masyarakat desa.
  3. Meningkatkan kreativitas dan peluang usaha ekonomi produktif (berwirausaha anggota masyarakatdesa yang berpenghasilan rendah).
  4. Meningkatkan pendapatan asli desa.
  5. Meningkatkan pengolahan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

 

  1. Badan Hukum

BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA” di Desa Rambai belum berbadan hukum.

 

  1. Organisasi

Susunan organisasi kepengurusan BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA” Desa Rambai terdiri dari :

  1. Komisaris : Kepala Desa Rambai
  2. Direktur : Adrian Ilyas,ST
  3. Sekretaris : Nurul Fatia
  4. Bendahara : Leni Elfina

 

  1. Unit Usaha

Usaha BUM Desa “USAHA MAJU BERSAMA” meliputi: Unit Usaha Penyewaan Perlengkapan Pesta

 

  1. Sumber keuangan:
  2. Pemerintah Desa Rambai
  3. Bantuan APBN, APBD Provinsi, dan APBD Kota Pariaman
  4. Gambaran Peluang Pengembangan Usaha

Desa Rambai memiliki potensi ekonomi Desa dari sektor perkebunan,dengan jenis yang dapat dikembangkan adalah kelapa dan jagung, kakao dan singkong. Sektor perdagangan adalah adanya pasar desa. Sektor peternakan, yaitu peternakan sapi, kerbau, dan kambing.Sektor jasa yang dapat dikembangkanantara lain: penyewan peralatan pesta, percetakan batu batapengelolaan simpan pinjam, pengelolaan air minum, serta jasa perbengkelan dan pertukangan. Sektor industry rumah tangga juga potensial untuk dikembangkan.

Sektor-sektor perekonomian tersebut selama ini menjadi mata pencaharian pokok masyarakat Desa Rambai dan miliki peluang pengembangan yang cukup besar untuk meningkatkan kesejahteraan penduduk Desa Rambai.

 

  1. UNIT USAHA JASA PENYEWAAN PERLENGKAPAN PESTA

 

Pengelolaan penyewaan pelaminan dengan sistem peralatan pesta lengkap yang dikelola secara profesional akan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat dalam hal kebutuhan acara dimasyarakat desa maupun sekitar. Di sisi lain akan memberikan tambahan pendapatan asli desa dalam bentuk sisa hasil usaha yang wajib di setor ke kasdesa setiap tahun. Usaha perlengkapan pesta di Desa Rambai memiliki peluang pengembangan yang cukup besar dengan melihat permintaan yang sangat seqnifikan karrena dalam setahun acara seperti pernikahan acara- acara besr lainya dalm pertahunnya sering dilakukan.

 

  1. Latar Belakang Pemilihan Usaha

Desa Rambai memiliki jumlah penduduk 1222 orang dan pertumbuhan jumlah penduduk pertahunya terus meningkat, pertahunnya selalu mengadakan pernikahan, karena tingginya permintaan akan peralatan pesta seperti kegiatan pernikahan dan acara besar yang lainnya didesa Rambai sendiri tidak terdapat usaha penyewaan peralatan pesta kalaupun ada itu terdapat didesa lain dan dikelola oeh perorangan, mengenai harga tarifnya cukup tinggi itu pun berdampak pada ketidak mampuan masyarakat. Berdasar keadaan tersebut, BUM Desa “USAHA BERKAT BERSAMA” menjadikan penyewaan akan memperkerjakan masyarakat desa sendiri untu meningkatkan pendapatan masyarakan dan pendapatan desa Rambai.

 

  1. Perencanaan Usaha

Penyewaan yang dibidik adalah warga masyarakat Desa Rambai  dan masyarakat desa lain sehingga ini merupakan potensi pasar cukup besar.Model. Bagi masyarakat ,adanya penyewaan peralatan pesta ini dapat meringankan biaya pesta sesuai dengan kebutuhan dan kemampuannya. Bagi BUM Desa Penyewaan peralatan pesta sangat membantu dalam pendapatn masyarakan dan desa

 

Agar pasar tetap terjaga dengan baik, ada 2 (dua) strategi yang ditempuh, yaitu:

 

  1. Strategi harga

Strategi penentuan Biaya penyewaan dengan tarif  rendahdan kualitas barang yang bagus.

  1. Strategi kerja sama

Strategi distribusi dilaksanakan dengan memaksimalkan potensi Sumber Daya Manusia pengurus BUMDesa dan potensi SDM lainnya dari pelaku usaha penyewaan lain nya yang baerada di sekitaran pariaman.

  1. Perencanaan Manajemen
  2. Kompetensi yang dimiliki pengelola dapat dimanfaatkansecara optimal, karena mereka:

1) Memahami kondisi masyarakat Desa Batang Tajongkek

2) Memiliki pengetahuan dan pengalaman dalam bidangpengelolaan Air

3) Memiliki pengalaman organisasi

  1. Sistem manajemen yang di jalankan meliputi:

1) Manajemen Pelayanan

Manajemen pelayanan yang dilakukan adalah pelayanan yang cepat, tepat, senyum dan sapa.

2) Manajemen Pengelolaan

Pengelolaan dilakukan dengan standar manajemen yang profesional yang berbasis kinerja.

3) Manajemen Keuangan

Manajemen Keuangan dikelola dengan standar akuntansi keuangan yang mengedepankan akuntabilitas dan transparansi berdasarkan prinsip-prinsip akutansi.

4) Manajemen Peningkatan Kapasitas SDM

Pengelola Unit Usaha dapat menjalin kerja sama dengan pihak lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Pengelola unit usaha diikut sertakan dalam pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan tugas pokoknya.

 

  1. Perencanaan Penyewaan

Untuk mengoperasikan kegiatan usaha peelengkapan pesta dilakukan dengan menggunakan tenaga propesional yang dilatih dari pemuda-pemuda Desa Rambai  produk yang dijual adalah jasa penyewaan perlengkapan pesta.

 

 

  1. Perencanaan Keuangan
  2. Dana yang diperlukan dan sumbernya

Untuk menjalankan kegiatan penyewaan perlengkapan pesta diperlukan dana sebagai modal awal sebesar Rp.175.150.000,-. Dana ini digunakan sebagai investasi sebesar Rp. 160.300.000,- dan Rp. 14,850,000,- sisanya

untuk modal kerja. Kebutuhan dana untuk modal usaha ini bersumber dari APBD Kota Pariaman .

  1. Proyeksi pendapatan.

Berdasarkan hasil analisis keuangan dari kajian kelayakan yang telah dilakukan, pendapatan usaha dapat

diproyeksikan sebagai berikut (lihat Tabel 1):

 

  1. Proyeksi Laba-Rugi.

Berdasarkan hasil kajian kelayakan yang telah dilakukan,kegiatan usaha penyewaan perlengkapan pesta  dalam keadaan laba seperti yang ditunjukkan data pada Tabel 2 berikut ini.

 

Tabel 2

Proyeksi Laba-Rugi Unit Usaha Penyewaan Perlengkapan Pesta BUM Desa “MAJU BERSAMA BERSAMA”di Desa Rambai  Kec. Pariaman Selatan Kab. Pariaman

 

 

Tabel 2 menunjukkan Unit Usaha Penyewaan perlengkapan Pesta memperoleh laba bersih sebesar Rp.10,433,333 setiap tahunnya.Angka ini tentu bukan merupakan laba yang besar, tetapi sesuai dengan prinsip usaha yang dianut BUM Desa tidak untuk mengejar laba yang besar, tetapi lebih mengedepankan kemanfaatan bagi warga desa.

 

  1. Waktu kembali modal (Payback Period)

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, waktu kembali modal adalah 15 tahun 6 bulan. Ini diperoleh dari perhitungan sebagai berikut:

 

Investasi Awal sebesar Rp. 175,150,000, dan Arus Kas Masuk Bersih sebesar Rp. 11,166,250. Berdasarkan data ini,maka Payback Period-nya adalah sebagai berikut.Payback Period = (175,150,000 / 10,433,333 ) X 1 tahun= 16,7 tahun atau 16 tahun lebih 7 bulan.

 

  1. Rencana Jadwal Penyewaan

Jadwal usaha penyewaan perlengkapan pesta direncanakan mulai Bulan Agustus 2018.

 

  1. Pendapatan dan pengeluaran

 

Adapun pendapatan dan pengeluaran selama periode 1 januari sampai – 31 desember tertera dalam table berikut

 

 

 

Tabel 3

Pendapatan Unit Usaha Penyewaan Perlengkapan Pesta BUM Desa “MAJU BERSAMA BERSAMA”di Desa Rambai  Kec. Pariaman Selatan Kab. Pariaman

 

Dari table 3 diatas pendapatan melebihi target pertahun yaitu Rp.12.045.000 sementara target yang ditetapkan pertahunya sebesar Rp.10.433.333 dari hitungan keuntungan.dan artinya usaha ini menguntungkan

Untuk kelancaran usaha ini maka dari itu Unit ini membutuhkan tambahan kelengkapan alat yang mana uang dari keuntungan dibelanjakan untuk membeli barang-barang penunjang seperti yang tertera di table 4.

 

Tabel 4

Penanbahan /penbelian barang Unit Usaha Penyewaan Perlengkapan Pesta BUM Desa “MAJU BERSAMA BERSAMA”di Desa Rambai  Kec. Pariaman Selatan Kab. Pariaman

Berdasarkan tabel pendapatan dan pengeluaran diatas maka dapat dihitung sisa uang yang terkumpul:

Sisa saldo per desember 2019 sebesar :

Pendapatan Pertahun ini desember 2019 : Rp. 55.690.000 – Rp. 42.645.000 = Rp.12.045.000

Selisih laba rugi unit usaha penyewaan perlengkapan Pesta: Rp.12.045.000 – Rp. 10.433.333 = Rp. 1.611.667

Adapun dari hasil laba sebagian di pergunakan untuk pengeluaran untuk melengkapi perlengkapan alat-alat yang belum lengkap sebesar:

Rp.12.045.000 – Rp. 7.971.500 = Rp 3.773.500

Total uang kas dari Unit perlengkapan pesta Rp 3.773.500

 

  1. PENUTUP

 

Laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggung jawaban pengelola BUMDes Maju Bersama dalam menjalankan tugasnya selama satu tahun 2019. Tentunya pelaporan ini masih banyak kekurangan atau jauh dari kesempurnaan yang dikerjakan oleh pengelola BUMDes Maju Bersama dalam menjalankan kegiatan usaha dan penataan managemen. Oleh sebab itu saran dan kritikan sangat kami harapkan.

 

Demikianlah laporan pertanggung jawaban ini dibuat,agar menjadi periksa dan dapat dipergunakan sebagai mestinya.

 

Rambai,31 desember 2019

 

Mengetahui,

 

Manager BUMDES Maju Bersama                Sekretaris                                         Bendahara

 

 

 

 

 ( Adrian Ilyas,ST )                            ( Nurul Patia )                                   ( Leni Elfina )

 

 

Menyetujui,

 

Komisaris BUMDes Maju Bersama

 

 

 

(Arif Fuady,S.pi)