Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Prajurit Produktif Kodim 0308 Bekerja Sama dengan Desa Rambai

  • Jan 17, 2023
  • Rambai
  • BERITA, PEMBANGUNAN

Rambai, 17 Januari 2023

Pada kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Desa Rambai (Arif Fuady), Ketua LPM, Kadus, bapak Parsinter beserta anggota Kodim 0308 dalam membantu meningkatkan produktif pangan Desa Rambai, Dusun Rimbo Sitapung.

Pemberdayaan masyarakat merupakan proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Dengan demikian banyak cara agar meningkatkan produktivitas pangan salah satu nya penanaman ubi/singkong.

Singkong adalah tanaman yang tumbuh dari akar tanaman ketela pohon. Menurut Wikipedia, Singkong (Manihot esculenta) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

singkong merupakan tanaman yang tergolong paling gampang tumbuh di Indonesia. Singkong bisa tumbuh hampir di semua cuaca, jenis tanah dan daerah. Cara menanamnya pun cukup mudah, tinggal tancapkan batang kayunya yang sudah tua, lalu tunas-tunas akan tumbuh di sana.

Ada yang bilang di Indonesia “tongkat kayu dicampakkan pun jadi tanaman”. Tongkat kayu itu adalah tanaman singkong, yang meskipun ditanam asal-asalan bisa menjadi tanaman yang memenuhi kebutuhan pangan manusia.