Beranda

DESA RAMBAI KECAMATAN PARIAMAN SELATAN KOTA PARIAMAN

Desa Rambai adalah salah satu desa di Kecamatan Pariaman Selatan kota Pariaman yang telah menjalankan Pemerintahan administrasi kurang lebih sekitar 17 tahun .

Sebagai gambaran umum, Desa Rambai memiliki luas wilayah 3.607,70 Ha, yang secara geografis mempunyai batas wilayah. Sebelah Utara Desa Kampuang Kandang, Sebelah Selatan Desa Talagondan Kabupaten Padang Pariaman, Sebelah Timur Desa Punguang Ladiang, Sebelah Barat Desa Pauh Kurai Taji.

Saat ini Desa Rambai memiliki jumlah Penduduk 1222 Jiwa, yang terdiri dari laki-laki 598 Jiwa dan Perempuan 624 Jiwa dan jumlah Kepala Keluarga sebanyak 312 KK. Dengan bermata pencaharian sebagai petani,Pedagang dan pengrajin dan  Di sisi lain Desa Rambai memiliki 2 Dusun , yaitu Dusun Rambai dan Dusun Rimbo Sitapuang, serta lembaga-lembaga dan Organisasi Kemasyarakatan seperti LPM, PKK, dan Karang Taruna Desa Rambai.

Adapun visi Desa Rambai adalah

“ MELAKSANAKAN PROGRAM-PROGRAM PEMERINTAH DESA RAMBAI YANG EFISIEN, EFEKTIF DAN BERSIH, MENGEMBANGKAN PEREKONOMIAN DESA SECARA KREATIF, MENINGKATKAN KEIMANAN DAN KETAQWAAN, SERTA TERCIPTANYA SUASANA YANG AMAN, RUKUN DAN BERKUALITAS “

Di desa Rambai, hampir seluruh penduduk  bermata pencaharian sebagai Pedagang, petani. Di samping itu, di Desa Rambai terdapat warung, toko. Selain itu juga terdapat beberapa Usaha Kecil dan Menengah seperti “  dan usaha kuliner “ Sate Dan Empek-empek “ , dan Usaha Industri Sepatu Dan sandal.

Desa Rambai pun telah mendirikan BUMDes dengan nama “ MAJU BERSAMA“ dengan unit usaha yang telah berdiri sewa menyewa palaminan dan foto copy.

Di Desa Rambai Partisipasi Masyarakat sudah ada cukup baik hal ini didasarkan karena desa  Rambai masih memegang prinsip gotong royong. Hal ini tampak pada jumlah persentase jumlah gotong royong pada setiap kegiatan, baik kegiatan membersihkan jalan , Drainase  menjaga kebersihan, l maupun dalam partisipasi bidang pemilihan, baik pemilihan umum, pemilihan kepala daerah, maupun kepala desa.

Desa Rambai siap mendukung program Pemko Pariaman dibawah kepemimpinan Walikota Genius Umar dan Wawako Mardison Mahyuddin tentang mengembangkan potensi desa menjadi desa wisata di Kota Pariaman.

Hal tersebut dibuktikan dengan keberadaan Sungai Batang Mangor yang alirannya berada di Desa Rambai akan dijadikan lokasi destinasi wisata baru  dengan dukungan jembatan Rajang yang masih tradisional dengan konsep wisata Pariaman Water Front City.

Ini potensi yang sangat besar untuk dapat kita kembangkan, selain untuk dijadikan festival, Sebagaimana yang disampaikan Walikota Pariaman, Genius Umar yang akan membuat wisata soft arung jeram di Kota Pariaman.