Kota Pariaman Siap Siaga Hadapi Corona

Pariaman, Padangkita.com – Wali Kota Pariaman Genius Umar menyatakan kesiapsiagaan Pariaman dalam menghadapi bencana nasional non-alam, pandemi virus corona. Berbagai langkah pencegahan pun telah dilakukan agar virus tersebut tidak masuk ke kota tersebut.Genius menyebut Kota Pariaman sudah melakukan langkah-langkah stimulan mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan disinfektan ke fasilitas-fasilitas umum, anak-anak sekolah diliburkan belajar dirumah (home learning) sejak dua kasus pertama virus corona di Indonesia diumumkan awal Maret lalu.Pemkot Pariaman juga telah mengumumkan kepada masyarakat untuk mengatur jarak (sosial distance) minimum 1,5 meter serta mengurangi kerumunan karena dalam kerumunan tersebut terjadinya potensi virus tersebut.

Genius juga mengimbau seluruh jajarannya untuk mendata seluruh pendatang terutama yang datang dari daerah darurat corona di Indonesia.

“Kita juga imbau kepada pemerintah desa, kelurahan dan camat untuk mendata semua warga yang datang ke Kota Pariaman dari daerah yang merupakan zona merah covid-19 ini,“ ujar Genius, dilansir dari infopublik, Selasa (24/3/2020).

Ia kemudian meminta warga pendatang tersebut agar diisolasi cara mandiri di rumahnya masing-masing selama kurang lebih 14 hari hingga dinyatakan aman.

Genius menyatakan rasa syukur karena hingga hari ini Sumatra Barat termasuk Kota Pariaman masih nihil pasien positif corona.“Dari 20 provinsi di Indonesia yang terkena wabah corona virus disease (Covid-19), alhamdulillah kita bersyukur di Provinsi Sumatera Barat termasuk Kota Pariaman belum ada satu orang pun yang positif terkena covid-19 ini,” kata Genius.

 

 

Leave a Reply